Senin, 30 Juli 2012

Anda Seorang Muslim?Shalat dan Sabar Penolongnya!!!!

Manusia hidup di dunia ini seringkali dihadapkan pada berbagai masalah yang umumnya akan menimbulkan stress dan beban hidup jika tidak dihadapi dengan sikap yang tepat. Sebenarnya sebagai seorang muslim, Allah S.W.T telah menyediakan solusi untuk setiap masalah yang kita hadapi. Jika suatu saat solusi yang diharapkan belum datang juga, menurut saya pribadi hal tersebut dimungkinkan karena kita belum benar akan cara mendatangkan solusi tersebut dan belum tepat kepada siapa kita berharap solusi tersebut akan datang. Lalu bagaimana kita akan mengundang solusi yang didamba-dambakan tersebut untuk datang ke pangkuan kita?????
Baiklah, Saya mulai awal artikel ini dengan sebuah ayat yang menurut saya sangat inspiratif dan motivatif saya pribadi dan seharusnya juga Anda.
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS Al Baqarah:45-46)
Dari ayat diatas dapat diambil hikmahnya bahwa Allah memerintahkan kita untuk menjadikan shalat dan sabar sebagai penolong kita. Bukan manusia yang berwujud bos-bos kaya, bukan pekerjaan yang menghasilkan berjuta-juta dolar, bukan orangtua apalagi benda-benda mati yang dipercaya menghasilkan suatu kekuatan gaib. Lalu mungkin suatu saat akan ada pertanyaan, yang terkadang saya juga menanyakannya sih dalam hati... :D .... “saya udah shalat dan sabar ntu, tapi, kok pertolongan Allah kagak pernah datang-datang juga ya’???” wah hati-hati ne sobat-sobat sekalian kalo kita sudah timbul pertanyaan seperti ini, kenapa demikian???yah, itu biasanya seh awal mula kita meninggalkan amal ibadah yang kita telah lakukan dan berputus asa terhadap rahmat Allah.
Lalu harus bagaimana dong? pan kita udah bersabar dan shalat....kok kagak pernah datang juga pertolongan Allah? Nah disini kita harus pandai-pandai mengevaluasi diri sob, evaluasi ntu tata cara shalat kita udah benar apa belom, sudah khusuk apa belom, sudah ikhlas ape belom?
Mengapa kita perlu bertanya demikian pada diri kita? Berdasarkan pengalaman pribadi saya seringkali saya itu melaksanakan sholat hanya sekedar untuk penanggal kewajiban sehingga terkadang menjadikan saya enggan untuk belajar shalat dengan benar (sesuai Syariat) lagi. Padahal bukan sembarang shalat yang akan menjadi penolong kita. Dalam ayat tersebut, disebutkan bahwa orang yang bisa menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong ialah mereka yang khusyu’. Tidak ada ukuran baku dalam shalat khusyu’, oleh karena itu kembali kita meminta kepada Allah SWT agar menjadikan shalat kita dengan khusyu’. Shalat yang khusyu adalah shalat yang dikerjakan dalam nuansa harap, cemas, dan cinta, serta dengan takbir yang sempurna, lantunan ayat yang tartil, ruku’ dengan tawadhu, sujud dengan diliputi kerendahan hati dan keikhlasan. Tentu tidak lupa harus sesuai dengan syariat. Sebagai tip agar shalat kita lebih khusyu’ ialah dengan menganggap bahwa shalat yang kita lakukan adalah shalat yang terakhir, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah saw, Jika kamu berdiri untuk melaksanakan shalat, maka shalatlah sperti shalatnya orang-orang yang akan berpisah (meninggal). (HR Ibnu Majah)
Saat kesulitan menghimpit, bersabarlah….
Saat kita menghadapi masalah. Saat kita memerlukan pertolongan, yang kita bisa lakukan selain shalat adalah bersabar. Memang ada yang lain? Usaha! Yah usaha, yang sebenarnya usaha adalah bagian dari sabar. Hanya saja usaha dalam rangka sabar lebih bermakna ketimbang hanya usaha saja yang bisa saja membuat kita frustasi. Memang, makna kesabaran bukanlah kita diam, pasrah, dan menyerah. Sabar bersanding dengan usaha bahkan dalam berbagai ayat kita temukan sabar sering disandingkan dengan kata jihad. Inilah maknanya buat kita,
Usaha/jihad + sabar = pertolongan Allah SWT
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu
dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada
Allah, supaya kamu beruntung. (QS. Ali 'Imraan: 200)
OK sobat-sobat yang budiman, tunggu apa lagi mari kita mulai mempelajari tips-tips untuk sholat dengan benar dan khusuk, dan jangan lupa tetap bersabar dan kembangkan diri kita untuk selalu dekat dengan Allah. Sebenarnya tulisan ini saya buat agar sebagai pendorong untuk saya pribadi agar mau belajar dan belajar serta berusaha mendekatkan diri kepada Allah. Jangan mudah menyerah, jangan mudah berputus asa, selalu optimis dan berkembang menjadi pribadi yang makin hari makin baik sehingga kita dipantaskan oleh Allah untuk mendapatkan pertolongannya.


Related Article:



Sameera ChathurangaPosted By John Cobra

My real name is Fauzan Ahmadi, i used the name of john cobra because people are used to called me john. I am a person that always have dreams to be achieved and always never gived up in everything i have started eventhough the difficulties is so tight. Right now i am still studying in an university and still doing my hobby to share information that i have got in every article that i read. I really like to make friends more and more contact me

Thank You

0 comments:

Posting Komentar