Kamis, 19 Juli 2012

Hydro Power

Hydropower merupakan energi yang dihasilkan oleh aliran air yang dikonversikan menjadi energi listrik. Hujan yang turun mengalir menuju ke laut. Aliran air ini memiliki energi kinetik dan energi potensial relative terhadap permukaan laut dimana air tersebut bermuara. Energi ini dapat dikonversikan menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin yang digunakan bersama dengan generator. Pada mulanya, energi yang terkandung di dalam air tersebut diubah menjadi daya poros dengan menggunakan turbin air. Selanjutnya, daya poros ini digunakan untuk memutar generator sehingga dihasilkan listrik yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Sebelum turbin dikenal, sekitar 2000 tahun silam, bangsa yunani kuno menggunakan roda kayu untuk mengubah energi kinetik air menjadi energi mekanik. Seiring dengan berjalannya waktu, turbin pun mulai dikembangkan. Turbin yang pertama kali dibuat adalah turbin Francis yang ditemukan oleh James Francis dengan menyempurnakan desain dari Samuel Howd. Berikut ini merupakan gambar dari roda kayu dan turbin Francis yang sampai sekarang masih digunakan.

Gambar 1 WaterWheel

Gambar 1 Menunjukkan gambar roda air tipe overshoot (overshoot waterwheel), dimana air dialirkan dari ketinggian tertentu hingga jatuh mengenai sudu-sudu roda air. Sedangkan gambar 2, merupakan gambar runner turbin Francis yang digunakan untuk rentang head antara 20 sampai dengan 300 meter.

Penemuan turbin Francis tersebut mendorong diadakannya penelitian untuk mengubah energi air menjadi energi listrik. Pada tahun 1882, dikembangkan pembangkit listrik tenaga air yang berada di Winconsin, Amerika serikat dengan menggunakan sungai Colorado yang mengalir sangat deras. Pembangkit listrik tersebut menghasilkan daya sebesar 12.5 kW.

Gambar 2 Turbin Francis

Pembangkit ini berkembang sangat pesat pada tahun 1930-an yang ditandai dengan pembangunan Hoover Dam di sungai Colorado pada tahun 1936. Gambar 3 menunjukkan Hoover Dam yang dibangun di sungai Colorado. Saat ini, pembangkit listrik di Hoover Dam ini memiliki kapasitas sebesar 2080 MW dengan menggunakan 17 unit turbin Francis.

Gambar 3 Hoover dam

Hydropower memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan energi konvensional, terutama dalam hal efek lingkungan yang ditimbulkan. Pertama, hydropower merupakan energi yang terbarukan sehingga ketersediaannya di alam sangat melimpah. Kedua, hydropower tidak menghasilkan pencemaran air, pencemaran tanah dan pencemaran udara, khususnya gas rumah kaca yang sekarang ini menjadi masalah dunia karena menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Selain itu, pembangkit listrik tenaga air dikenal memiliki laju kegagalan dan biaya operasi yang rendah tetapi memiliki kehandalan yang tinggi. Namun demikian, hydropower juga memiliki beberapa kelemahan, misalnya: dengan adanya bendungan yang dibangun maka akan mengganggu proses migrasi ikan. Selain itu, air yang melewati turbin akan mengalami kenaikan temperatur yang mungkin menggangu ekosistem disekitarnya. Kelemahan yang lainnya adalah banyaknya ikan yang mati karena tertabrak putaran turbin yang terlalu cepat.

Hydorpower dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori mulai dari kategori besar dengan besar daya lebih dari 1000 kW, kategori kecil dengan daya berkisar antara 500 kW sampai dengan 1000 kW, kategori mini yang memiliki besar kisaran daya dari 100 kW sampai dengan 500 kW hingga ukuran mikro dengan kapasitas kurang dari 100 kW. Namun, pada literatur lain, klasifikasi tersebut dapat ditambahakan dengan pembangkit listrik tenaga air skala piko (picohydro), yaitu pembangkit listrik tenaga air dengan daya maksimal sebesar 5 kW.

Terdapat berbagai macam energi air yang memungkinkan untuk dimanfaatkan. Mulai dari energi pasang-surut, energi gelombang, energi termal permukaan laut hingga energi potensial yang dimiliki aliran sungai. Dari berbagai sumber energi air tersebut, pemanfaatan energi potensial sungai menduduki persentase terbesar. Pada umumnya pemanfaatan tersebut dilakukan dengan mengalirkan fluida pada pipa-pipa dari ketinggian tertentu sehingga dihasilkan tekanan air yang cukup untuk menggerakkan turbin. Namun, ada pula yang langsung memanfaatkan aliran air sungai yang memiliki debit yang cukup besar.



Related Article:



Sameera ChathurangaPosted By John Cobra

My real name is Fauzan Ahmadi, i used the name of john cobra because people are used to called me john. I am a person that always have dreams to be achieved and always never gived up in everything i have started eventhough the difficulties is so tight. Right now i am still studying in an university and still doing my hobby to share information that i have got in every article that i read. I really like to make friends more and more contact me

Thank You

0 comments:

Posting Komentar